MANAJEMEN
TUGAS : PROPOSAL USAHA
NAMA KELOMPOK :
1. MOHAMAD ACHLANAJI FAWZI (111710332)
2. EULA SUGANDI (111710131)
3. SAM HARIS (111721656)
4. AEP AMIRULLOH
5. RICKY
KATA PENGANTAR
Segala puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT serta shalawat dan salam kami sampaikan hanya bagi tokoh dan teladan kita Nabi Muhammad SAW. Diantara sekian banyak nikmat Allah SWT yang membawa kita dari kegelapan ke dimensi terang yang memberi hikmah dan yang paling bermanfaat bagi seluruh umat manusia, sehingga oleh karenanya kami dapat menyelesaikan tugas kewirausahaan ini dengan baik dan tepat waktu.
Adapun maksud dan tujuan dari penyusunan proposal ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan oleh dosen pada mata kuliah kewirausahaan.
Dalam proses penyusunan tugas ini kami menjumpai hambatan, namun berkat dukungan materil dari berbagai pihak, akhirnya kami dapat menyelesaikan tugas ini dengan cukup baik, oleh karena itu melalui kesempatan ini kami menyampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak terkait yang telah membantu terselesaikannya tugas ini.
Segala sesuatu yang salah datangnya hanya dari manusia dan seluruh hal yang benar datangnya hanya dari agama berkat adanya nikmat iman dari Allah SWT, meski begitu tentu tugas ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu segala saran dan kritik yang membangun dari semua pihak sangat kami harapkan demi perbaikan pada tugas selanjutnya. Harapan kami semoga tugas ini bermanfaat khususnya bagi kami dan bagi pembaca lain pada umumnya.
Cikarang, 29 juli 2018
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB 1 PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
BAB II KEGIATAN USAHA
2.1 Aspek pemasaran
2.2 Jadwal pelaksanaan
BAB III PERENCANAAN KEUANGAN (BUDGET PLANT)
3.1 Modal usaha
3.2 Modal tetap
3.3 Modal variabel
3.4 Analisis perencanaan laba/rugi
BAB IV PENUTUP
4.1 Kesimpulan
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
Berwirausaha merupakan salat satu cara untuk memperoleh keuntungan dengan cara memanfaatkan peluang peluang yang ada di sekitar kita. Dalam usaha konsumen sangatlah penting dalam berkembang tidaknya suatu usaha yang dijalankan. Kita dapat memulai suatu usaha dengan mengelola usaha kecil – kecilan, dalam proposal ini penulis berinisiatif untuk mengelola usaha kecil yaitu “PEMBUATAN DAN PENJUALAN KENTANG BALADO” penulis memilih usaha tersebut karena peluangnya cukup besar serta banyak masyarakat yang menyukainya. Penulis memilih usaha pembuatan kentang balado karena kentang merupakan makanan yang awet, tidak mudah basi dan tanpa mengandung bahan pengawet. Sehingga jika kentang balado tersebut tidak dapat terjual dalam waktu sehari, dapat kita jual dihari besoknya.
Selain merupakan salah satu cara untuk memperoleh keuntungan, kacang telur juga mempunyai beberapa manfaat bagi yang mengonsumsinya diantarnya adalah kentang mengandung kabohidrat, dan selain itu kandungan gizi lain seperti fosfor, kalsium, zat besi dan vitamin A, B1 dan C, serta kandungan folat, thiamin dan zinc membuat kentang ini menjadi baik untuk dikonsumsi sehari-hari.
Karena banyak manfaat yang dapat diperoleh dari pembuatan kentang balado maka penulis membuat usaha tersebut. Kentang balado merupakan cemilan sekaligus teman yang cocok buat makan nasi, dengan harga yang terjangkau dan banyak disukai masyarakat. Hal tersebut dapat menjadi peluang bagi wirausaha untuk memperoleh keuntungan dari pembuatan kentang balado dengan cara menjualnya.
VISI DAN MISI
VISI USAHA
Menjadikan produk berbahan dasar kentang sebagai pproduk yang berkualitas, sehat, terjangkau serta dapat berkembang dan bersaing dipasar masyarakat.
MISI USAHA
1. Mengangkat produk lokal
2. Memperkenalkan makanan berbahan dasar kentang sebagai produk inovasi
3. Mewujudkan peningkat kualitas produk local
4. Menciptakan daya beli konsumen secara pontesial dengan adanya “kentang balado”
5. Mewujudkan usaha berbahan dasar kentang sebagai usaha bisnis yang menjanjinkan
6. Meningkatkan omset penjualan
BAB II
KEGIATAN USAHA
2.1 Aspek pemasaran
a. Pesaing bisnis yang sama.
Dalam usaha yang telah kami jalankan tentunya tidak akan pernah lepas dari pesaing, hal ini dimaksudkan agar kita dapat senantiasa berupaya untuk dapat mempertahankan kualitas dan kuantitas produk dan pelayanan kita kepada pembeli atau konsumen agar usaha yang kita jalankan tidak kalah dengan pesaing, juga bagaimana upaya kita dalam memberikan tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk atau menu yang kita buat.
b. Rencana penjualan.
Kami berencana menjual makanan kentang, awalnya melalui teman,masayarakat sekitar,memang ini usaha kecil kecilan bila usaha berjalan baik serta tujuan memajukan dunia wirausaha,mudah-mudahan usaha yang kami tekuni menjadi usaha yang maju.
c. Penawaran dan permintaan
Kami berencana menjual produk makanan kami melalui mahasiswa,masyrakat sekitar,dari mulut ke mulut-mulut,dan mempromosikan dan menjual usaha kami dimedia sosial.
d. Strategi pemasaran SWOT
1. Kekuatan (strength) :
a) Bahan bakunya mudah ditemukan
b) Cita rasa yang mudah diterima
c) Menggunakan bahan dan proses yang berkualit
2. Kelemahan (Weakness):
a. Tidak tahan lama dan mudah basi
b. Modal cukup kecil
3. Peluang (opportunities) :
a) Banyak di sukai kalangan mana pun
4. Ancaman (threats) :
a) Selera konsumen variatif
b) Munculnya pesaing baru
c) Ada jenis makanan yang sama
2.2 Jadwal pelaksanaan
Demi kelancaran proses penjualan usaha yang kami kelola, kami akan beroprasi setiap hari, dengan mempekerjakan secara bersama sama dengan anggota kelompok kami yang dimana kami mempekerjakan sendiri guna untuk memberikan pelajaran dalam kemandirian dan jiwa pengusaha yang kuat mental. Ini merupakan awal dari kemandirian kita untuk mendidik mahasiswa, dalam melakukan usaha yang ulet dan berani mengambil resiko dimana yang dimaksud tersebut adalah kami sendiri yang akan mengelola atau yang akan mendirikan usaha.
Selain sebagai penjual kami juga masih aktif sebagai mahasiswa, jadi dalam pelaksanaan penjualan ini kami tidak mungkin maninggalkan kuliah kami karena dalam proses pelaksanaan penjualannya kami bisa menyebutkan adanya “Shift” dalam bekerja atau pergantian jam kerja dengan teman yang lain dalam hitungan waktu yang telah ditetapkan dalam kesepakatan kerja dalam usaha kami.
BAB III
PERENCANAAN KEUANGAN (BUDGET PLANT)
3.1. Aspek Produksi
BAHAN BAKU HARGA
Kentang(1kg) RP. 15.000
Bumbu(2pcs) RP. 14.000
Minyak sayur(1kg) RP. 15,000
Garam(1pcs) RP. 3000
Gas RP. 23.000
Plastik sterofom RP.15.000
Logo stiker RP.5.000
Steples RP.3.000
3.3 Cara pembuatan
• siapkan kentang terlebih dahulu
• kupas kentang lalu bersihkan sampai benar benar bersih
• potong kentang kecil kecil
• lalu masukan kentang ke penggorengan
• setelah itu tiriskan kentang yang sudah di goreng
• taruh kentang didalam baskom
• lalu kasih bumbu varian rasa balado dan cabai pedas
• aduk aduk bumbu nya hingga merata
• sudah selesai lalu masukan kentang ke kemasan plastik
• kentang siap di jual
3.4 Modal variabel
3.4.1 Biaya operasinal
NAMA BAHAN HARGA
Kentang(1kg) RP. 15.000
Bumbu(2pcs) RP. 14.000
Minyak sayur(1kg) RP. 15,000
Garam(1pcs) RP. 3.000
Gas RP. 23.000
Plastik sterofom RP.10.000
Logo stiker RP.5.000
Steples RP.3.000
Jumlah biaya bahan baku : Rp.88.000
Produksi kentang yang dihasilkan adalah 25 bungkus.
harga per bungkusnya RP. 5.000
3.4.2 produk dan pengemasan
Produk
Jenis produk Harga
Kentang original Rp. 20.000
Kentang balado Rp. 65.000
Kentang cabai pedas Rp. 40.000
3.4.3 Pengemasan
Jenis Harga
Plastik sterofoam bening Rp. 10.000
3.5 Analisis perencanaan laba/rugi
PROYEKSI PENDAPATAN DAN KEUNTUNGAN
Penjualan = 25x5.000=125.000
Keuntungan = penjualan – biaya 1x produksi
= 125.000 – 88.000 = 37.000
BAB IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Mendirikan usaha tidak harus memerlukan biaya mahal dan bahan produk yang relative tinggi. Dengan kreativitas dan inovasi bahan dasar dan memanfaatkan peluang peluang yang ada kita dapat membuat usaha yang menguntungkan. Dengan modal kurang dari Rp. 100.000,- kita sudah bisa menjadi seorang wirausahawan
Top 10 Best Casino & Hotels in Las Vegas
BalasHapusFind your nearest Vegas Casino & 통영 출장마사지 Hotel in minutes 인천광역 출장샵 by 경산 출장안마 car, Wi-Fi, driving 전주 출장마사지 directions, 광명 출장마사지 or calling the toll-free area.